Himalayan Cat

Friday, December 25, 2015

makalah trend dan issue TELENURSING TAHUN 2020



TELENURSING SEBAGAI TREND DAN ISSU PELAYANAN
KEPERAWATAN INDONESIA DITAHUN 2020


Disusun Untuk Memenuhi Tugas Konsep Dasar Keperawatan
Dosen pengampu : Ns. Destia Widyarani, S.Kep





Oleh kelompok :
Faidhatun
Dewi Lutfiah
Igor Wisnu Wardana
Indah Nur Ayu Kusuma Ningrum
Yulinar Tri Ambarsari
Saifur Rizal
Septivany Primadita






PROGRAM STUDI D III KEPERAWATAN
UNIVERSITAS BONDOWOSO
2015-2016



KATA PENGANTAR
            Dengan memanjatkan puji syukur atas kehadirat Allah SWT. Karena dengan rahmat serta hidayah-Nya semata, sehingga tugas mata kuliah ini dapat terselesaikan dengan baik. Tugas ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Konsep Dasar Keperawatan yang merupakan salah satu mata kuliah yang diberikan dalam Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Bondowoso
            Mata kuliah  Konsep Dasar Keperawatan merupakan mata kuliah yang mempelajari tentang  dasar-dasar keperawatn dalam dunia keperawatan. Penyusun yakin tanpa ada bantuan dari semua pihak, makalah ini akan mengalami banyak hambatan. Oleh karena itu tidak berlebihan penulis menyampaikan terima kasih kepada:
1.      Yuana Dwi Agustin, SKM, M. Kes, sebagai ketua Program Studi DIII Keperawatan Universitas Bondowoso.
2.      Ns.Destia Widyarani,S. Kep., sebagai dosen pengampu penulis makalah ini.
3.      Semua pihak yang telah membantu pengerjaan makalah ini.
Semoga segala sumbangsih yang diberikan kepada penulis mendapatkan imbalan dari Allah SWT, dan penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari semua pihak untuk perbaikan langkah penulis selanjutnya.

Bondowoso, Desember 2015

        Penyusun









DAFTAR ISI
JUDUL........................................................................................................ i
KATA PENGANTAR................................................................................. ii
DAFTAR ISI............................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN........................................................................... 1
1.1  Latar Belakang........................................................................................ 1
1.2  Rumusan Masalah.................................................................................... 2
1.3  Manfaat................................................................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN............................................................................ 3
2.1 Definisi................................................................................................... 3
2.2 Kelebihan dan Kekurangan Telenursing................................................... 6
2.3 Manfaat dari Telenursing......................................................................... 8
2.4 Perkembangan dan Model Telenursing................................................... 10
2.5 Aplikasi Telenursing............................................................................... 15
BAB III PENUTUP................................................................................... 16
3.1 Kesimpulan............................................................................................ 16
DAFTAR PUSTAKA................................................................................. 17
LAMPIRAN.............................................................................................. 18

BAB I
LATAR BELAKANG

1.1 Latar Belakang
Perkembangan yang sangat pesat dibidang teknologi informasi berdampak terhadap dunia kesehatan, dimana penggunaan teknologi informasi dapat dimanfaatkan sebagai sarana dalam mendukung perkembangan pelayanan kesehatan. Kompilasi data estimasi pengguna Internet di Indonesia dari berbagai sumber mencapai sedikitnya 45 juta pada akhir tahun 2010 dan menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) optimistik akan mencapai 60 juta terutama karena didorong oleh trend mobile access. Kompilasi data survey pasar menunjukkan Indonesia memiliki rasio kepemilikan perangkat akses internet tertinggi, kenaikan jumlah gadget paling banyak dan penurunan tarif layanan (termasuk paket data Internet) paling tajam di kawasan ASEAN walau di tengah isu resesi ekonomi (Salahuddien, 2011). Pelayanan keperawatan yang merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan dituntut untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu dan terjangkau. Perawat semakin dituntut untuk professional dan mengedepankan perkembangan teknologi dibidang kesehatan, termasuk dalam pemanfaatan teknologi informasi dibidang kesehatan terutama pelayanan keperawatan, dimana pasien/klien yang membutuhkan asuhan keperawatan dapat berasal dari berbagai kalangan dalam “dunia maya” (cybernet), dapat terakses pelayanan keperawatan jarak jauh (Telenursing) dimanapun ia berada. Telenursing adalah suatu model sistem pelayanan keperawatan yang diberikan dari jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi dibidang informasi karena keterbatasan fasilitas maupun geografis atau karena tujuan efektifitas dan efisiensi yang memungkinkan pasien untuk tidak harus datang ke tempat-tempat pelayanan kesehatan. Trend keperawatan Indonesia di Tahun 2020 diharapkan sudah mampu mengaplikasikan inovasi ini nantinya. Pada kesempatan ini penulis mencoba menggali lebih mendalam mengenai informasi dan hasil-hasil riset seputar Telenursing tersebut.

1.2 Rumusan Masalah
1.  Menjelaskan definisi telenursing?
2.  Menjelaskan manfaat telenursing?
3.  Menjelaskan perkembangan model telenursing?
4.  Menjelaskan keuntungan dan kelemahan telenursing?
5.  Menganalisa aplikasi dari telenursing?

1.3 Manfaat
1. Mengetahui apa itu telenursing
2. Mengetahui manfaat dari telenursing
3. Mengetahui perkembangan model telenursing
4. Mengetahui kelebihan dan keuntungan telenursing
5. Dapat menganalisa aplikasi telenursing













BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Definisi
Telenursing didefinisikan sebagai praktek keperawatan jarak jauh menggunakan teknologi telekomunikasi (National Council of State Boards of Nursing, 2011). Teknologi informasi dibidang keperawatan adalah teknologi informasi yang mengintegrasikan ilmu keperawatan, komputer, ilmu pengetahuan, dan ilmu informasi untuk mengelola dan mengkomunikasikan data, informasi, dan pengetahuan dalam praktek keperawatan. Informatika keperawatan memfasilitasi integrasi data, informasi, dan pengetahuan untuk dukungan klien, perawat, dan penyedia lainnya dalam pengambilan keputusan mereka dalam semua peran dan pengaturan.
Telenursing adalah pemberian servis dan perawatan oleh perawat dengan menggunakan telekomunikasi, meningkatkan akses untuk tindakan keperawatan kepada pasien pada lokasi yang jauh atau perpencil.
Telenursing adalah upaya penggunaan teknologi informasi dalam memberikan pelayanan keperawatan dalam bagian pelayanan kesehatan dimana ada jarak secara fisik yang jauh antara perawat dan pasien, atau antara beberapa perawat. Sebagai bagian dari telehealth dan beberapa bagian terkait dengan aplikasi bidang medis dan non medis seperti telediagnosis, telekonsultasi dan telemonitoring.
Telenursing menunjukkan penggunaan tehnologi komunikasi oleh perawat untuk meningkatkan perawatan pasien. Telenursing menggunakan channel elektromagnetik (wire, radio, optical) untuk mengirim suara, data dan sinyal video komunikasi. Dapat juga didefinisikan sebagai komunikasi jarak jauh menggunakan transmisi elektrik atau optic antara manusia dan atau computer.
Telenursing diartikan sebagai pemakaian telekomunikasi untuk memberikan informasi dan pelayanan keperawatan jarak-jauh. Aplikasinya saat ini, menggunakan teknologi satelit untuk menyiarkan konsultasi antara fasilitas-fasilitas kesehatan di dua negara dan memakai peralatan video conference. Telenursing bagian integral dari telemedicine atau telehealth.
Dengan penerapan telenursing dalam memberikan pelayanan keperawatan akan meningkatkan kepuasan klien dan peningkatan parstisipasi aktif keluarga. Dalam memberikan asuhan keperawatan secara jarak jauh maka diperlukan kebijakan umum dari pemerintah untuk mengatur praktek, SOP/standar operasional prosedur, etik dan profesionalisme, keamanan, kerahasiaan pasien dan jaminan informasi yang diberikan.
Kegiatan telenursing membutuhkan integrasi antara startegi dan kebijakan untuk mengembangkan praktek keperawatan, penyediaan pelayanan asuhan keperawatan, dan sistem pendidikan serta pelatihan keperawatan.
Untuk dapat diaplikasikan maka ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian :
1.      Faktor legalitas
Dapat didefinisikan sebagai otonomi profesi keperawatan atau institusi keperawatan yang mempunyai   tanggung jawab dalam pelaksanaan telenursing.
2.      Faktor financial
Pelaksanaan telenursing membutuhkan biaya yang cukup besar karena sarana dan prasaranya sangat banyak. Perlu dukungan dari pemerintah dan organisasi profesi dalam penyediaan aspek financial dalam pelaksanaan telenursing
3.      Faktor Skill
Ada dua aspek yang perlu diperhatikan, yaitu pengetahuan dan skill tentang telenursing. Perawat dan pasien perlu dilakukan pelatihan tentang aplikasi telenursing. Terlaksananya telenursing sangat tergantung dari aspek pengetahuan dan skill antara pasien dan perawat. Pengetahuan tentang telenursing harus didasari oleh pengetahuan tehnologi informasi.


4.      Faktor Motivasi
Motivasi perawat dan pasien menjadi prioritas utama dalam pelaksanaan telenursing. Tanpa ada motivasi dari perawat dan pasien, telenursing tidak akan bisa berjalan dengan baik.
Pelaksanaan telenursing di Indonesia masih belum berjalan dengan baik disebabkan oleh karena keterbatasan sumberdaya manusia, keterbatasan sarana dan prasarana serta kurangnya dukungan pelaksanaan telenursing dari pemerintah. Untuk mensiasati keterbatasan pelaksanaan telenursing bisa dimulai dengan peralatan yang sederhana seperti pesawat telepon yang sudah banyak dimiliki oleh masyarakat tetapi masih belum banyak dimanfaatkan untuk kepentingan pelayanan kesehatan atau pelayanan keperawatan. Telenursing menggunakan telepon ini dapat diaplikasikan di unit gawat darurat dan home care.
            Hal tersebut dikatakan telenursing jika perawat melakukan tindakan keperawatan untuk memenuhi kebutuhan kesehatan klien melalui pengkajian triase dan pemberian  informasi menggunakan teknologi informasi dan telekomunikasi serta  sistem berbasis website. Ners yang melakukan praktek telenursing harus seorang Registered Nurses (RN). Perawat yang melakukan praktek telenursing harus bertanggung jawab untuk meyakinkan kemampuan ketrampilan keperawatan mereka dan pengetahuan yang up to date untuk praktek telenursing mereka.
            Tujuan dari telenursing adalah tidak untuk membentuk diagnosis medis, melainkan difokuskan pada dimensi dari urgensi. Sehingga  para perawat akan lebih terfokus pada informasi, dukungan, dan meningkatkan pengetahuan. Untuk mencapai hasil yang positif dari konsultasi melalui telephone maka sangat dibutuhkan cara berkomunikasi yang baik. Komunikasi yang baik akan berdampak pada perasaan sehingga setiap perkataan akan mudah untuk didengar dan dipahami. Dengan demikian klien dan keluarganya akan termotivasi untuk mengikuti saran perawat. Sebuah komunikasi yang berpusat pada klien  adalah teknik pendekatan yang disukai dalam rangka membina hubungan antara klien dan tenaga professional. Komunikasi yang berpusat pada klien telah ditangani secara ekstensif selama dekade terakhir.
Melalui telenursing, perawat mampu melakukan monitoring, pendidikan, follow up, pengkajian dan pengumpulan data, melakukan intervensi, memberikan dukungan pada keluarga dan perawatan multidisiplin yang inovatif serta kolaborasi. Selain itu dalam praktek telenursing, perawat melakukan pengkajian lanjutan, perencanaan, intervensi, dan evaluasi terhadap hasil perawatan, dan perawat juga menggunakan teknologi seperti internet, computer, telephone, alat pengkajian digital, dan perlengkapan telemonitoring system audio-vidio, satelit dan system komunikasi yang lain. Penggunaan computer dan teknologi informasi untuk mensupport perawat dan pasien dengan informasi yang lebih efektif. Dalam rangka efisiensi dan efektifitas telenursing, antara perawat dan pasien terhubungkan secara langsung menggunakan system transmisi elektronik.
Telenursing melalui telepon triage dan home care merupakan bentuk aplikasi yang berkembang pesat saat ini. Dalam perawatan pasien di rumah, maka perawat dapat memonitor tanda-tanda vital pasien seperti tekanan darah, gula darah, berat badan, peak flow pernapasan pasien melalui internet. Dengan melakukan video conference, pasien dapat berkonsultasi dalam perawatan luka, injeksi insulin dan penatalaksanaan sesak napas.

2.2 Kelebihan dan kekurangan Telenursing
·         Kelebihan Telenursing
Telenursing dapat diartikan sebagai pemakaian teknologi informasi dibidang pelayanan keperawatan untuk memberikan informasi dan pelayanan keperawatan jarak jauh. Model pelayanan ini memberikan keuntungan antara lain:
1.   Mengurangi waktu tunggu dan mengurangi kunjungan yang tidak perlu,
2.    Mempersingkat hari rawat dan mengurangi biaya perawatan,
3.    Membantu memenuhi kebutuhan kesehatan,
4.    Memudahkan akses petugas kesehatan yang berada di daerah yang terisolasi,
5.  Berguna dalam kasus-kasus kronis atau kasus geriatik yang perlu perawatan di rumah dengan jarah yang jauh dari pelayanan kesehatan, dan
6.    Mendorong tenaga kesehatan atau daerah yang kurang terlayani untuk mengakses penyedia layanan melalui mekanisme seperti : konferensi video dan internet (American Nurse Assosiation, 1999).
7.    Peningkatan jumlah cakupan pelayanan keperawatan dalam jumlah yang lebih luas dan merata,
8.    Dapat dimanfaatkan dalam bidang pendidikan keperawatan (model distance learning) dan perkembangan riset keperawatan berbasis informatika kesehatan dan meningkatkan kepuasan perawat dan pasien terhadap pelayanan keperawatan yang diberikan serta meningkatkan mutu pelayanan perawatan di rumah (home care).
9.  Meningkatkan rasa aman (safety) perawat dan klien, karena dengan diterapkannya telenursing  semakin  meningkatkan kepuasan pasien dan keluarga dan meningkatkan kepatuhan. Telenursing telah menyediakan sarana bagi konsumen untuk memanggil perawat agar mendapatkan saran kesehatan. seorang perawat dengan pelatihan khusus  dapat menawarkan pendidikan dan dukungan, sehingga ini  bermanfaat karena klien membutuhkan dukungan yang  tidak mungkin didapatkan dengan kontak langsung.
·      Kekurangan dan hambatan dalam telenursing
Menurut Amy Peck (2005) ada tiga ketegori dasar hambatan dalam telenursing, meliputi: perilaku, legislatif, dan teknologi. Hambatan perilaku, ada ketakutan bahwa perawat akan mendelegasikan tugas ke mesin. Pada awalnya perawat akan resisten terhadap telenursing akibat kurangnya penguasaan terhadap teknologi informasi dan teknologi telekomunikasi. Namun dengan adanya pelatihan dan adanya support system,  perawat bisa merasakan manfaat telenursing untuk dirinya dan pasien. Legislasi, telenursing muncul sebagai issue kebijakan public secara mayor, belum adanya kepastian lisensi tentang telenursing. Secara teknologi, Elektronik Health Record (EHR) dan standar data mendukung perkembangan telenursing. Tanpa EHR telehealth tidak  bisa bekerja. Ketersediaan system penyimpanan data pasien kapanpun dan dimanapun provider membutuhkannya.

Sumber lain menyebutkan, antara lain :
·         Tidak adanya interaksi langsung perawat dengan klien yang akan mengurangi kualitas pelayanan kesehatan. Kekawatiran ini muncul karena anggapan bahwa kontak langsung dengan pasien sangat penting terutama untuk dukungan emosional dan sentuhan terapeutik.
·         Sedangkan kekurangan lain dari telenursing ini adalah kemungkinan kegagalan teknologi seperti gangguan koneksi internet atau terputusnya hubungan komunikasi akibat gangguan cuaca dan lain sebagainya sehingga menggangu aktifitas pelayanan yang sedang berjalan, selain itu juga meningkatkan risiko terhadap keamanan dan kerahasiaann dokumen klien.

2.3 Manfaat Telenursing
Menurut Britton et all (1999), ada beberapa keuntungan telenursing yaitu :
1.    Efektif dan efisien dari sisi biaya kesehatan, pasien dan keluarga dapat mengurangi     kunjungan  ke pelayanan kesehatan ( dokter praktek,ruang gawat darurat, rumah sakit dan nursing home)
2.   Dengan sumber daya yang minimal dapat meningkatkan cakupan dan  jangkauan pelayanan keperawatan tanpa batas geografis
3.   Telenursing dapat menurunkan kebutuhan atau menurunkan waktu tinggal di rumah sakit
4.  Pasien dewasa dengan kondisi penyakit kronis  memerlukan pengkajian yang sering sehingga membutuhkan biaya yang banyak. Telenursing dapat meningkatkan pelayanan untuk pasien kronis tanpa memerlukan biaya dan meningkatkan pemanfaatan teknologi.
5.  Berhasil dalam menurunkan total biaya perawatan kesehatan dan meningkatkan akses untuk perawatan kesehatan tanpa banyak memerlukan sumber.
Selain manfaat di atas telenursing dapat dimanfaatkan dalam bidang pendidikan keperawatan ( model distance learning) dan perkembangan riset keperawatan berbasis informatika kesehatan. Telenursing dapat juga digunakan dikampus dengan video conference, pembelajaran on line dan Multimedia Distance Learning.
Pada akhirnya telenursing dapat meningkatkan partisipasi aktif pasien dan keluarga, terutama dalam manajemen pribadi penyakit kronik. Dapat memberikan pelayanan akurat, cepat dan dukungan online, perawatanyang berkelanjutan dan kontak antara perawat dan pasien yang tidak terbatas.
a.       Selain itu telenursing dapat memberikan kesempatan kepada perawat yang berpengalaman klinik namun telah pensiun/ tidak lagi bekerja di pelayanan kesehatan, namun masih dapat memberikan asuhan keperawatan secara online. Hal ini juga menghindari kontak langsung, meminimalkan resiko infeksi nosokomial, memberikan privasi ruang dan waktu bagi pasien dan perawat. Dapat dibayangkan bagi penderita HIV/AIDS, atau pasien pengguna narkotika/obat terlarang /alkoholik akan lebih merasa terjaga privasinya dengan pelayanan telenursing ini .
b.         Perawat memiliki komitmen menyeluruh tentang perlunya mempertahankan privasi dan kerahasiaan pasien sesuai kode etik keperawatan. Beberapa hal terkait dengan isu ini, yang secara fundamental mesti dilakukan dalam penerapan tehnologi dalam bidang kesehatan dalam merawat pasien adalah :
·            Jaminan kerahasiaan dan jaminan pelayanan dari informasi kesehatan yang diberikan harus tetap terjaga
·             Pasien yang mendapatkan intervensi melalui telehealth harus diinformasikan potensial resiko (seperti keterbatasan jaminan kerahasiaan informasi, melalui internet atau telepon) dan keuntungannya
·         Diseminasi data pasien seperti identifikasi pasien (suara, gambar) dapat dikontrol dengan membuat informed consent (pernyataan persetujuan) lewat email
·            Individu yang menyalahgunakan kerahasiaan, keamanan dan peraturan dan penyalah gunaan informasi dapat dikenakan hukuman/legal aspek.
c.       Dengan melihat potensi dan perkembangan pelayanan keperawatan, sistem informasi kesehatan dan penggunaan internet di Indonesia, bukan tidak mungkin hal ini mendasari telenursing berkembang di Indonesia (dalam berbagai bentuk aplikasi tehnik komunikasi) dan beragam tujuan. Hal ini tidak lain agar pelayanan asuhan keperawatan dan perkembangan ilmu, riset dan pendidikan keperawatan di Indonesia dapat sejajar minimal dengan perkembangan tehnologi kesehatan, dan kedokteran di Indonesia, menjelang Indonesia Sehat.

2.4  Perkembangan dan Model Telenursing
1.  Jonsson & Willman dalam penelitiannya menemukan bahwa implementasi telenursing dalam perawatan di ruumah pada klien dengan luka di tangan merupakan inovasi pengembangan inisiatif yang berfokus pada kolaborasi antara perawat dan klien. Klien merasa puas dengan penggunaan videophone untuk melihat staf perawat memberikan perawatan kepada mereka, dan dengan melihat muka perawat membuat rasa aman pada pasien. Perawat merasa lebih nyaman dengan penggunaan audio-vidio contact untuk melihat kondisi pasien dan melakukan pengkajian kondisi luka, serta merekam luka. Selain itu perawat merasakan bahwa waktu bekerja meraka lebih bermanfaat. Penelitian ini menandaskan bahwa telenersing dengan menggunakan teknologi audio-vidio sangat efektif untuk melakukan komunikasi antara perawat dan pasien dan memberikan kepuasan pada perawat dan klien dalam melakukan perawatan rumah.
2.     Hartford Kathleen dalam penelitiannya tentang “Telenursing and patients’ Recovery from Bypass” menemukan bahwa aplikasi teknologi telekomunikasi dalam memberikan pelayanan keperawatan membuat pasien mampu untuk belajar bagaimana merawat dirinya sendiri, dan ini juga membantu perawat untuk melakukan pendidikan kesehatan dan promosi kesehatan secara efektif. Selain itu juga memperpendek lama perawatan.
3.  Bohnenkamp & Blackett meyatakan bahwa dengan telenursing pasien menunjukkan kepuasan yang lebih tinggi dan perawat telah meningkatkan pemahaman tentang masalah yang dialami klien, dan klien merasa lebih nyaman karena sudah diberi informasi oleh perawat. Klien percaya bahwa telenursing membuat perawatan lebih mudah diakses; mereka lebih suka memanfaatkan telenursing daripada menunggu  tatap muka pada saat kunjungan langsung meskipun klien masih percaya bahwa kunjungan dengan tatap muka langsung adalah yang terbaik.
4.    Penelitian dari Susan Kay Bohnenkamp, RN, MS, CCM dengan judul Traditional Versus Telenursing Outpatient Management of Patients With Cancer With New Ostomi.
Hasil : Telenursing meningkatkan kepuasan pada pasien. Pasien percaya bahwa telenursing membuat perawatan lebih accessible, dia suka dengan telemedicine dari pada face to face, tetapi menganggap face to face adalah yang terbaik.
5.   Penelitian dari Anthony F. Jerant, MD dengan judul A Randomized Trial of Telenursing to Reduce Hospitalization for Heart Failure: Patient-Centered Outcomes and Nursing Indicators.
Hasil : Penelitian ini membandingkan 3 perawatan modalitas untuk menurunkan kekambuhan CHF selama 180 hari follow up. Subyek menerima kunjungan dasar selama 60 hari dan mendapat satu dari 3 terapi modalitas : (a) video-based home telecare; (b) telephone calls; and (c) usual care  Kekambuhan pada CHF menurun lebih dari 80% dengan telenursing dibandingan dengan perawatan biasa. Dari penelitian ini juga menurunkan kunjungan emergensi pada CHF. Pada perawatan diri kedua group tidak ada perbedaan secara signifikan tentang kepatuhan, pengobatan, status kesehatan dan kepuasan. Telenursing dapat menurunkan hospitalisasi pada CHF dan meningkatkan frekuensi komunikasi dengan pasien.
6.   Penelitian dari L. Schlachta-Fairchild dengan judul Findings Of The 2004 international Telenursing Survey.
Hasil : Mayoritas perawat yang melakukan tidak tersertifikasi dalam telemedicine, telenursing, atau nursing informatics dan percaya bahwa sertifikasi pada telenursing adalah penting dan interes untuk dilakukan sertifikasi dan merupakan indikasi telenursing seharusnya merupakan bagian dasar dari pendidikan keperawatan dan pengalaman klinik.
7.    Impact of tele-advice on community nurses’ knowledge of venous leg ulcer care (Ameen, Coll, & Peters, 2005). Pada penelitian ini dikemukakan efektifitas telenursing dibidang manajemen perawatan ulkus kaki, desain yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan pendekatan pre dan post intervensi pada 2 kelompok yaitu kelompok intervensi sebanyak 19 orang dan kelompok kontrol sebanyak 19 orang, pada penelitian ini didapatkan bahwa terdapat perbaikan yang signifikan dalam hal kemampuan perawat komunitas dalam manajemen perawatan ulkus kaki antara sebelum dan sesudah intervensi melalui telenursing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tele-saran dapat menjadinmanfaat besar bagi perawat komunitas dalam meningkatkan pengetahuan mereka dalam praktek perawatan ulkus kaki. Ini akan memiliki implikasi signifikan untuk penggunaan sumber daya manusia yang lebih efisien dan efektivitas biaya dalam perawatan luka.
8.      Tele-education in emergency care (Binks & Benger, 2007). Dalam artikel ini dijelaskan bahwa Telenursing juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petugas kesehatan dalam hal ini adalah perawat, terutama petugas kesehatanmyang bertugas didaerah-daerah terpencil yang kadang sulit diakses melalui jalan darat karena kondisi geografis yang tidak memungkinkan sehingga mereka kurang terpapar informasi-informasi maupun pengetahuan terkini menghenai pelayanan keperawatan. Disini dijelaskan bagaimana telenursing dimanfaatkan sebagai sarana penambahan wawasan dan pengetahuan mengenai keperawatan gawat darurat terhadap petugas  kesehatan yang bertugas di daerah terpencil. Dalam Tele-education dapat diterapkan empat domain pembelajaran, yaitu : 1) pengetahuan, 2) keterampilan, 3) hubungan (relationship), dan 4) sikap (attituds).
9.   Efficacy of tele-nursing consultations in rehabilitation after radical prostatectomy: a randomised controlled trial study (Jensen, Kristensen, Christensen, & Borre, 2011). Dalam artikel ini dijelaskan bahwa terdapat peningkatan angka dalam insiden kanker prostat menyebabkan tuntutan yang lebih tinggi terhadap peran perawatan kesehatan masyarakat. Untuk mengatasi kondisi tersebut, prostatektomi radikal jalur cepat telah diperkenalkan, sehingga waktu rawat menjadi pendek dan sedikit waktu yang tersedia untuk edukasi terhadap pasien post op prostektomy, maka pasien dituntut agar mampu melakukan perawatan secara mandiri melalui bantuan Telenursing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki apakah konsultasi telepon perawat yang dipimpin (TC) dapat mengoptimalkan sumber daya, rehabilitasi secara aman dan kepuasan pasien dalam periode pasca-operasi. Penelitian ini merupakan uji coba terkontrol secara acak prospektif dari 95 pasien baik intervensi atau standar tindak lanjut. Intervensi yang diberikan adalah TC tambahan 3 hari pasca bedah. Pendidikan perawatan dan pasien selama rawat inap yang diberikan adalah sama untuk semua pasien. Data dikumpulkan dari catatan medis dan kuesioner 2 minggu pasca-bedah. Memang tidak ditemukan perbedaan dalam keberhasilan keseluruhan tentang kepuasan pasien, rasa aman dan ketidaknyamanan pasca-operasi. Beberapa pasien memiliki kebutuhan yang belum terpenuhi saat dirawat di rumah sakit sehingga peberian TC menjadi alternatif pilihan yang baik. Secara umum, pasien cukup terdidik dalam pengelolaan rehabilitasi awal dan mereka menyatakan kepuasan yang tinggi dan rasa aman pada periode pasca operasi setelah pulang meskipun tanpa TC. Oleh karena itu, TC tidak akan menjadi prosedur standar, tetapi hasilnya telah meningkatkan kesadaran dalam praktek klinis sehari-hari dan dapat dioptimalkan pemanfaatannya.
10.  Using the Tele-ICU Care Delivery Model to Build Organizational Performance, Part 1 (Rufo, 2011). Dalam artikel ini dijelaskan bahwa paradigma dalam model pemberian perawatan saat ini telah bergeser ke arah perbaikan kualitas hidup pasien dan keamanan perawatan pasien. Tele-health terintegrasi adalah salah satu contoh. Dengan menggunakan perangkat mobile dan keahlian dari dokter yang berpengalaman dapat dihubungkan ke lokasi terpencil, sehingga pemberi asuhan keperawatan didaerah terpencil sekarang dapat menerima bantuan untuk manajemen pasien secara langsung melalui metode ini. Tele-ICU adalah salah satu contoh dari penerapan model teknologi yang mempercepat pemecahan masalah klinis dan pengambilan keputusan, sehingga mempercepat pemberian perawatan kritis dan akhirnya meningkatkan hasil yang diharapkan.
11.  A second set of eyes: an introduction to tele-ICU (Goran, 2010). Dalam artikel ini dijelaskan bahwa Tele-ICU, eICU, virtual ICU, atau pusat ICU terpencil telah diterapkan dalam perawatan pasien ICU oleh dokter di 28 negara, lebih dari 40 sistem perawatan kesehatan, dan lebih dari 200 rumah sakit. Meskipun di beberapa tim perawatan tetap belum terbiasa untuk aplikasikan metode baru ini, sedangkan yang lain tetap skeptic meskipun rasio biaya perawatan yang bisa ditekan dan manfaat yang didapat. Namun, dengan perluasan berbagai program dan publikasi hasil klinis dan fiskal, tele-ICU menjadi lebih diperhatikan dan mengubah wawasan tentang perawatan klinis.
12.  Home-Based Telemedicine: A Survey of Ethical Issues (Bauer, 2001). Dalam artikel ini dikemukakan berupa hasil survey terhadap pemanfatan Telemediciene didapatkan data bahwa secara ekonomis maupun efektifitasnya boleh dikatakan bagus, karena dari segi biaya yang harus dikeluarkan relatif rendah, kemudin dari segi efektifitasnya pasien tidak perlu datang ke tempat pelayanan kesehatan yang dituju, tetapi cukup hanya dengan berinteraksi melalui Telemediciene maupun Telenursing pasien sudah dapat terlayani. Namun masalah yang muncul dalam penilaian ini adalah bahwa mereka tidak mengidentifikasi adanya nilai-nilai moral maupun implikasi etis dari penerapan metode ini. Oleh sebab itu sebagai pengguna metode ini hendaknya petugas kesehatan atau perawat yang mengelolanya harus memilki pemahaman yang luas tentang keilmuan keperawatan itu sendiri maupun metode Telenursing yang digunakan.

2.5 Aplikasi Telenursing
Aplikasi telenursing dapat diterapkan di rumah, rumah sakit melalui pusat telenursing dan melalui unit mobil. Telepon triase dan home care berkembang sangat pesat dalam aplikasi telenursing. Di dalam home care perawat menggunakan system memonitor parameter fisiologi seperti tekanan darah, glukosa darah, respirasi dan berat badan melalui internet. Melalui system interaktif video, pasien contact on-call perawat setiap waktu untuk menyusun video konsultasi ke alamat sesuai dengan masalah, sebagai contoh bagaimana mengganti baju, memberikan injeksi insulin atau diskusi tentang sesak nafas. Secara khusus sangat membantu untuk anak kecil dan dewasa dengan penyakit kronik dan kelemahan khususnya dengan penyakit kardiopulmoner. Telenursing membantu pasien dan keluarga untuk berpartisipasi aktif di dalam perawatan, khususnya dalam management penyakit kronis. Hal ini juga mendorong perawat menyiapkan informasi yang akurat dan memberikan dukungan secara online. Kontinuitas perawatan dapat ditingkatkan dengan menganjurkan sering kontak antara pemberi pelayanan kesehatan maupun keperawatan dengan individu pasien dan keluarganya.


BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Dengan penerapan telenursing dalam memberikan pelayanan keperawatan akan meningkatkan kepuasan klien dan peningkatan parstisipasi aktif keluarga. Dalam memberikan asuhan keperawatan secara jarak jauh maka diperlukan kebijakan umum dari pemerintah untuk mengatur praktek, SOP/standar operasional prosedur, etik dan profesionalisme, keamanan, kerahasiaan pasien dan jaminan informasi yang diberikan.
Kegiatan telenursing membutuhkan integrasi antara startegi dan kebijakan untuk mengembangkan praktek keperawatan, penyediaan pelayanan asuhan keperawatan, dan sistem pendidikan serta pelatihan keperawatan.
Untuk dapat diaplikasikan maka ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian :
1.      Faktor legalitas
2.      Faktor financial
3.      Faktor Skill
4.      Faktor Motivasi












DAFTAR PUSTAKA
Martono.(2006). Telenursing (Pelayanan Asuhan Keperawatan Jarak Jauh) "Alternatif Asuhan Keperawatan Indonesia Menjelang Indonesia Sehat 2010" dalam http://www.inna-ppni.or.id/
index.php?name=News&file=article&sid=71, diperoleh tanggal 02 Mei 2012
Susan Kay Bohnenkamp, Traditional Versus Telenursing Outpatient Management of Patients With Cancer With New Ostomi dalam http://ons.metapress.com/ content/ f662854712557057/, diperoleh tanggal 02 Mei 2012
Wikipedia.(2007). Telenursing, dalam http://en.wikipedia.org/wiki/telenursing, diperoleh tanggal 02 Mei 2012
http://www.telehealth.ca/imgs/works.gif, diperoleh tanggal 02 Mei 2012
Bohnenkamp K.S. Lopez. A.M. Blackett A. Traditional Versus Telenursin Outpatient Management of Patients With Cancer With New Ostomies. Oncology Nursing Forum. 31;5.















LAMPIRAN

  

 


No comments:

Post a Comment